Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN AGAMA GUNUNGSITOLI

 

Jalan Pancasila, No 29, Nias, Sumatera Utara 22814

Telp : (0639) 21254 Fax : (0639) 22315 E-mail : pagunungsitoli@gmail.com






Selasa, 20 Maret 2018, Tim pengawasan dan pembinaan dari Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia tiba di Bandar Udara Binaka Gunungsitoli. Kedatangan tim Pembinaan dan Pengawasan Badan Pengawasan (BAWAS) disambut langsung oleh Sekretaris Pengadilan Agama Gunungsitoli dan beberapa orang staff Pengadilan Agama Gunungsitoli. Setelah memperkenalkan diri dan ngobrol sejenak, tim pengawasan dari Badan Pengawasan bersama Sekretaris Pengadilan Agama Gunungsitoli langsung berangkat menuju kantor Pengadilan Agama Gunungsitoli.

 

Tim Pengawasan dan Pembinaan Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI yang melakukan pemeriksaan reguler pada Pengadilan Agama Gunungsitoli sesuai Surat Tugas Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung R.I. Nomor : 130/BP/ST/III/2018 berjumlah 5 orang terdiri dari :

  1. Ruslan Abd. Gani, Hakim Tinggi Pengawas pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung R.I. sebagai Ketua;
  2. Sunoto, Hakim Yustisial pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung R.I. sebagai Anggota;
  3. Jufri Hardi, Auditor pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung R.I. sebagai Sekretaris;
  4. Eva Lestari Sianturi, Audiwan pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung R.I. sebagai Staf Pemeriksa;
  5. Dewi Nurqolbi Triastuti, Staf pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung R.I. sebagai Staf Pemeriksa;

Tim pengawasan dan pembinaan Badan Pengawasan melaksanakan tugasnya di Pengadilan Agama Gunungsitoli dijadwalkan hingga hari kamis mendatang. Berbagai hal pun diperiksa dan dilakukan pembinaan langsung oleh tim pengawasan dan pembinaan terkait adminstrasi perkantoran dan administrasi perkara. Setiap hal yang dianggap tidak sesuai langsung di berikan pembinaan oleh tim pemeriksa Badan Pengawasan agar langsung dapat ditindaklanjuti dan diperbaiki.

Adapun hasil dari pemeriksaan, pengawasan dan pembinaan dari tim badan pengawasan tersebut disampaikan pada expose di ruang ketua Pengadilan Agama Gunungsitoli. Pada expose di ruang Ketua Pengadilan Agama Gunungsitoli selain tim dari Badan Pengawasan Mahkamah Agung R.I., juga dihadiri oleh hakim, Sekretaris, dan Kasubbag. Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan Pengadilan Agama Gunungsitoli.

Bapak Ruslan Abd. Gani (Hakim Tinggi Pengawas Badan Pengawasan M.A.R.I.) Selaku Ketua tim menyampaikan hasil pemeriksaan, pengawasan dan pembinaan di Pengadilan Agama Gunungsitoli Segala hasil atau laporan temuan dari bawas akan dijadikan acuan untuk perbaikan di masa yang akan datang guna mendukung reformasi birokrasi mahkamah agung serta untuk mewujudkan visi misi Mahkamah Agung. Selain hasil pemeriksaan yang dipaparkan pada expose, juga diserahkan Laporan Hasil Pengawasan Badan Pengawasan (LHP BAWAS MARI) dalam bentuk hardcopy yang dapat dimasukkan sebagai agenda rapat koordinasi bersama pimpinan Pengadilan Agama Gunungsitoli untuk bahan evaluasi.

Selanjutnya Sekretaris Pengadilan Agama Gunungsitoli menyampaikan permohonan maaf dari Ketua Pengadilan Agama Gunungsitoli yang tidak dapat bersama tim dari Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI selama pengawasan di Kantor Pengadilan Agama Guungsitoli, karena harus bersidang di Pulau-Pulau Batu yang telah terjadwal sebelumnya. Hasil Pemeriksaan yang telah kami terima akan kami sampaikan kepada Ketua Pengadilan Agama Gunungsitoli untuk di bahas pada rapat koordinasi mendatang.

Sebelum menutup expose hasil pengawasan dan pembinaan, ketua tim menyampaikan terima kasih, dan berpamitan untuk meninggalkan Pengadilan Agama Gunungsitoli, serta mohon iringan doa supaya seluruh tim di beri kesehatan dan keselamatan hingga sampai di tempat tujuan dengan selamat.

By : Jurdilaga Gusti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Upload Files Delegasi