Senin, 01 Oktober 2018, Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di gelar di depan ruang sidang Pengadilan Agama Gunungsitoli. Upacara yang di mulai pukul 08.00 wib tersebut dilaksanakan oleh seluruh pejabat dan pegawai Pengadilan Agama Gunungsitoli. Ketua Pengadilan Agama Gunungsitoli menjadi inspektur upacara pada peringatan hari kesaktian pancasila tahun ini.

Setelah inspektur upacara memasuki lokasi upacara, peserta upacara memberikan hormat kepada inspektur upacara, kemudian komandan upacara melaporkan kepada Inspektur upacara untuk memulai upacara hari kesaktian pancasila hari ini di lingkungan Pengadilan Agama Gunungsitoli. Rangkaian acara pada upacara hari kesaktian pancasila tersebut pun  berlangsung secara khidmat hingga akhir upacara.

Peringatan hari kesaktian pancasila yang jatuh tepat pada tanggal 01 oktober setiap tahun yang diperingati oleh seluruh elemen bangsa Indonesia berkaitan dengan peristiwa gerakan 30 September 1965 yang dikenal dengan singkatan “G30S/PKI”. Gerakan tersebut adalah gerakan yang merongrong ideologi Pancasila pada bangsa Indonesia yang dilakukan oleh Partai komunis Indonesia (PKI). Namun gerakan ini dapat digagalkan, sehingga esok harinya dijadikan sebagai hari kesaktian pancasila karena pancasila tidak dapat digantikan oleh ideologi manapun. Pancasila sebagai dasar ideologi bangsa Indonesia merupakan pengikat seluruh elemen bangsa yang tidak membedakan suku, agama, dan adat istiadat yang begitu banyak ragamnya di dalam kehidupan rakyat Indonesia.

Oleh sebab itu Hari Kesaktian Pancasila tersebut selalu diperingati setiap tahunnya oleh bangsa Indonesia, agar komponen bangsa selalu waspada akan setiap gerakan baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang berusaha merongrong ideologi pancasila tersebut.

By : Jurdilaga Gusti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Upload Files Delegasi