Senin, 4 Maret 2019, Bapak Drs. H. Edi Sucipto, M.Hum (Panitera Pengadilan Agama Gunungsitoli) beserta rombongan disambut langsung oleh Panitera, Wakil Panitera, Panitera Muda, serta Jurusita-jurusita Pengadilan Negeri Gunungsitoli di ruang Panitera Pengadilan Negeri Gunungsitoli. Kunjungan Panitera Pengadilan Agama Gunungsitoli ke Pengadilan Negeri Gunungsitoli dalam rangka untuk menyusun kembali draf penetapan biaya panggilan di wilayah hukum kedua pengadilan tersebut.

Rapat penyusunan draf biaya panggilan serta panjar ongkos berperkara di wilayah hukum kedua pengadilan tersebut pun berlangsung cukup lama, hal ini dikarenakan jurusita-jurusita diberikan kesempatan untuk memberikan langsung masukkan tentang besaran biaya yang wajar dengan berpedoman terhadap kondisi dilapangan. Terkadang wilayahnya cukup dekat namun akses ke sebuah desa terdekat tersebut cukup sulit dikarenakan belum adanya jalan yang baik atau merupakan daerah perbukitan yang cukup sulit dilalui oleh kendaraan. Atau ada lagi yang wilayahnya merupakan kepulauan yang hanya dapat dijangkau dengan boat atau perahu nelayan yang bukan merupakan alat transportasi umum. Hal demikianlah yang dikemukakan sebagai dasar penetapan besaran biaya yang dikeluarkan oleh jurusita dilapangan. Selain itu peraturan terbaru tentang pungutan PNBP dari biaya panggilan pun tak luput masuk sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan draf penetapan biaya panggilan di wilayah hukum kepulauan Nias.

Draf Penetapan biaya panggilan dan panjar ongkos berperkara di Pengadilan Agama Gunungsitoli dan Pengadilan Negeri Gunungsitoli tersebut nantinya akan disahkan dalam Surat keputusan bersama oleh Ketua Pengadilan Agama Gunungsitoli dan Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli pada waktu yang akan diagendakan kemudian.

By : Jurdilaga Gusti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Upload Files Delegasi