Selasa, 14 Mei 2019, Al Zimy Siregar, S.Kom. (Kasubbag Kepegawaian, Tata Laksana dan Organisasi Pengadilan Agama Gunungsitoli) mewakili Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Pengadilan Agama Gunungsitoli untuk mengikuti sosialisasi tentang Implementasi Pembayaran dan Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Satker Lingkup KPPN Gunungsitoli yang dilaksanakan di Kaliki Resto. Turut di hadiri oleh Kepala KPPN Gunungsitoli, Kepala BRI KC Gunungsitoli, dan Wakapolres Nias, serta diikuti oleh perwakilan 55 satuan kerja lingkup KPPN Gunungsitoli.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan pada pukul 15.00 wib. yang dimulai dengan kata sambutan oleh Kepala KPPN Gunungsitoli. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih telah menghadiri sosialisasi tentang Implementasi Pembayaran dan Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah, serta memberi apresiasi atas kinerja pelaksanaan anggaran yang secara umum sudah berjalan dengan baik. selain itu Kepala KPPN Gunungsitoli juga memperkenalkan tata cara pembayaran dan penggunaaan kartu kredit pemerintah yang di implementasikan di lingkup satuan kerja tahun 2019 ini. dengan adanya kartu kredit pemerintah, di harapkan dapat meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan anggaran dan mengurangi adanya idle cash bendahara dari penggunaan UP.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tata cara pembayaran menggunakan kartu kredit pemerintah oleh Customer Service Officer. Materi yang disampaikan membahas gambaran secara umum tata cara pembayaran menggunakan kartu kredit pemerintah dalam rangka penggunaan Uang Persediaan (UP) satuan kerja. Pemanfaatan kartu kredit sebagai sarana pembayaran atas beban APBN merupakan upaya Direktorat Jenderal Perbendaharaan dalam hal simplifikasi dan modernisasi untuk memperbaiki dan menyederhanakan pelaksanaan anggaran. Tujuan dari implementasi kartu kredit pemerintah ini adalah untuk meminimalkan penggunaan uang tunai dalam transaksi keuangan negara, meningkatkan keamanan dalam bertransaksi, mengurangi potensi fraud dari transaksi secara tunai, dan mengurangi idle cash dari penggunaan Uang Persediaan (UP) yang dikelola oleh satuan kerja.

Acara sosialisasi tersebut pun diakhiri dengan berbuka bersama, sehingga dapat menambah keimanan serta merajut tali silaturrahmi antar satuan kerja lingkup KPPN Gunungsitoli.

By: Jurdilaga Gusti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Upload Files Delegasi