Rabu, 27 April 2020, Muhamad Choiruddin, S.H.I Humas/Jubir Pengadilan Agama Gunungsitoli bersama Panitera Muda Hukum Muhammad Rivai, S.H., M.H. mengikuti rapat persiapan gelar eksekusi pengosongan. Rapat yang di laksanakan di Polres Nias Tersebut juga di hadiri oleh Kabag Ops. Polres Nias, Kasat Intelkam Polres Nias, Kanit IV Sat Intelkam Polres Nias dan Advokat dari pihak Pemohon eksekusi. Dalam rapat perkara eksekusi tersebut Humas Pengadilan Agama Gunungsitoli menerangkan kronologi sampai hari ini.

Kabag Ops. Polres Nias S.K. Harefa, S.Pd., M.H. memberikan masukan dalam pelaksanaan eksekusi dimana beliau mendukung apa yang menjadi langkah Pengadilan Agama Gunungsitoli karena sudah sesuai dengan Hukum. Pihak Kepolisian siap mengawal keamanan dalam pelaksanaan eksekusi yang akan di laksanakan pada hari senin, 04 Mei 2020 pada jam 09.00 Wib. dengan tertib  dan menginstruksikan agar mengikuti kesehatan Covid-19.

Dalam kesempatan terpisah, Juru bicara Pengadilan Agama Gunungsitoli, Muhamad Choirudin S.H.I, menegaskan bahwa gelar perkara ini merupakan langkah persiapan sebelum terjun langsung di lapangan.

“Gelar perkara yang dilaksanakan di Polres tadi secara umum membicarakan hal-hal teknis berkaitan dengan jalannya Eksekusi senin depan. Tentu, PA Gunungsitoli beserta Pihak Kepolisian berkomitmen untuk senantiasa memperhatikan nilai kemanusiaan dan keadilan, seperti pendekatan secara persuasif, bahkan juga menyiapkan transportasi dan tempat tinggal sementara bagi pihak Termohon Eksekusi serta barang-barang yang dimilikinya”, imbuh beliau di sela-sela acara.

Dalam kesempatan lain, Ketua PA Gunungsitoli H.S. Shalahuddin, S.H.,M.H., saat ditemui oleh Tim Jurdilaga memberikan himbauan kepada Pelaksana Eksekusi agar meminimalisir terjadinya gesekan di lapangan serta memaksimalkan upaya persuasif terutama kepada pihak Termohon Eksekusi, sehingga Eksekusi bisa dilaksanakan secara baik dan lancar.

By: Jurdilaga Gusti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *