Di dalam melaksanakan kegiatan pelayanan publik, Pengadilan Agama Gunungsitoli kadang kala tidak selalu dapat memenuhi harapan masyarakat, khususnya para pencari keadilan. Bila hal ini terjadi bisa menimbulkan ketidakpuasan dan keluhan dari masyarakat. Keluhan tersebut dapat diajukan ke Pengadilan Agama Gunungsitoli, dan Pengadilan Agama Gunungsitoli akan berupaya memberikan solusi yang terbaik.
Cara menyampaikan pengaduan ke Pengadilan Agama Gunungsitoli

A Secara Lisan
1. Melalui telepon (0639) 21254; yakni pada jam kerja mulai hari Senin s.d Jum’at, pukul 08.00 s.d pukul 16.30
*Khusus: dibulan suci Ramadhan jam kerja dapat berubah dan disesuaikan dengan peraturan yang berlaku.
2. Datang langsung ke kantor Pengadilan Agama Gunungsitoli, Jalan Pancasila No. 29 Kota Gunungsitoli.

B Secara Tertulis
1. Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada Pimpinan dalam hal ini Ketua Pengadilan Agama Gunungsitoli, dengan cara diantar langsung, dikirim melalui faximile (0636) 22315, atau melalui pos ke alamat kantor Pengadilan Agama Gunungsitoli, Gunungsitoli, Jalan Pancasila No. 29 Kota Gunungsitoli..
2. Melalui email Pengadilan Agama Gunungsitoli : pagunungsitoli@gmail.com
3. Pengaduan secara tertulis wajib melengkapi fotokopi identitas dan dokumen lainnya yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan

Penerimaan Pengaduan oleh Pengadilan Agama Gunungsitoli

1. Pengadilan Agama Gunungsitoli akan menerima setiap pengaduan yang akan diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis
2. Pengadilan Agama Gunungsitoli akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan
3. Pengadilan Agama Gunungsitoli akan memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis
4. Pengadilan Agama Gunungsitoli hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas terlapor